Friday, May 29, 2009

Perbandingan Toko Online dengan Template dengan Bukan Template


Bila Anda ingin membuat Toko Online, saat ini sudah banyak program-program gratis alias template yang siap saji seperti Joomla, OS Commerce dan Zen Chart. Anda hanya perlu membayar NAMA DOMAIN + HOSTING saja, untuk awalnya Rp. 500.000 per tahun juga sudah mencukupi untuk meletakkan Toko Online Anda.

Tetapi ada juga perusahaan web development yang mematok harga dari Rp. 5 Juta s/d Rp. 25 Juta untuk membuat Toko Online. Kalau dibanding dengan pembuatan toko online dengan template, harga ini seperti bumi dan langit, mahal sekali.

Saya ingin menceritakan pengalaman pribadi saat mengurus BUKUKITA.COM, karena semua script tersebut dibuat dari awal dan butuh waktu 6 bulan sehingga bisa launching. Dan sampai saat ini situs tersebut saya yakin terus dikembangkan.

Bila kita mengembangkan sendiri situs Toko Online, tidak tergantung pada template gratisan, maka kita bisa menambah fitur yang sesuai dengan situasi dan kondisi di mana kita ingin berjualan. Di BUKUKITA.COM banyak sekali fitur-fitur yang tidak ada di template gratisan seperti memberikan poin setiap pembeli membeli buku dan kemudian poin itu bisa digunakan untuk membeli buku, hadiah yang diundi per bulan dan bisa dipilih sendiri, dan fitur blog untuk para member sehingga mereka bisa saling berhubungan satu sama lain. Dengan kata lain, situs yang dibuat dan dikembangkan sendiri akan sangat fleksibel menghadapi segala macam perubahan di masa yang akan datang.

Tentu saja kita harus mempunyai modal yang cukup bila ingin membuat dan mengembangkan sendiri. Bagaimana dengan mereka yang mempunyai modal pas-pasan? Apakah masa depan Toko Online yang dibuat dengan template akan tidak cerah?

Bagi mereka yang memiliki modal pas-pasan dan tidak mempunyai pengalaman, tidak ada salahnya mencoba membuka toko online dengan template seperti os commerce atau zen chart. Hitung-hitung mencari pengalaman dan belajar berbisnis online. Kalau memang nanti sukses dan mempunyai modal yang besar, tentu anda bisa menyewa programmer yang sangat ahli dengan bayaran tinggi untuk merombak situs Anda tersebut. Kalau Anda saat ini menggunakan Zen Chart, Anda bisa mengontak programmer Zen Chart untuk merombak situs sesuai dengan keinginan Anda. Ini bisa saja, jadi jangan juga berkecil hati.

Jadi kalau ingin membuat dan mengembangkan situs Toko Online sendiri, ada beberapa syarat yang mungkin saya bisa berikan di sini:

* Butuh Modal dan Waktu untuk membuat Toko Online
* Butuh seorang Sistem Analis yang tahu seluk beluk pembuatan Toko Online
* Butuh seorang Programmer ahli untuk mengimplementasikan apa yang dirancang oleh Sistem Analis
* Harus kreatif dan inovatif sehingga fitur-fitur selalu ditambah dan diperbaharui, ini akan membuat Toko Online anda unik dibanding dengan yang lain

Jadi kalau kita lihat syarat-syarat tersebut, mereka yang membuat Toko Online sendiri biasanya adalah perusahaan yang memang mempunyai modal.

Tetapi bila Anda masih blank dan tidak mempunyai pengalaman, jangan ragu untuk menggunakan template yang siap saji. Jalankan saja toko online tersebut sehingga Anda mempunyai pengalaman dan bisa menjadi sistem analis nantinya untuk mengembangkan dan membesarkan toko online anda sendiri yang mempunyai fitur-fitur unik dibanding dengan toko lainnya.

Pilihan sekarang ada di tangan Anda :)

Semoga Bermanfaat,

Sumber: www.babastudio.com

No comments:

Post a Comment