Wednesday, April 22, 2009

Install Squid 2.7

setelah aku berhasil install squid 2.7 + delay pool di windows xp, ternyata mulai muncul masalah baru. tersangka utama dalam hal ini langsung tertuju pada virus virus yang berkeliaran dikomputer warnet, namun kalau aku pikir pikir seandainya virus yang jadi masalah berarti pasti ada bug atau laporan mengenai hal ini diinternet tapi nyatanya ngak ada (sempat kepikiran juga mungkin ini virus baru) untuk memastikan perluaku uji coba disalah satu komputer, percobaan komputer aku coba komputer yang ngak bisa diproxy gara gara bermasalah ama oom google dengan menjalankan live cd linux ubuntu.

setelah menunggu beberapa saat akhirnya siubuntu berjalan dengan mantap dikomputer jadul p3 mem 512 yang slot ps2 buat keyboard ama mouse bermasalah yang akhirnya pake konverter usb agar input dari mouse ama keyboard bisa didetek ama komputer.

saat sikomputer menggunakan ubuntu lalu proxynya aku arahkan ke server proxy yang aku install dikomputer yang juga merangkap sebagai billing server ternyata nie dibrowsernya terpampang dengan manis hasil search dari oom google (kok aneh, kalau dilinux baik baik aja tapi kalau diwindows kok malah bermasalah dengan oom google dan anehnya lagi bila menggunakan le’ yahoo baik baik aja).

untuk memuaskan rasa penasaranku akhirnya komputer jadul tersebut aku install ubuntu 8.04 + squid 2.7 yang aku install dari server repo. setelah kurang lebih 1jam saya habiskan untuk install + konfigurasi nie server, akhirnya ubuntu + squid berjalan dengan nyaman. test pertama saya lakukan dari komputer yang ngak bermasalah dengan squid + winxp + google ternyata berjalan dengan nyaman, ini saat saat yang mendebarkan untuk testing yang bermasalah dengan squid+ winxp + google ternyata muncul code yang kesalahan yang sama walaupun aku menggunakan linux sebagai os + squid 2.7 sebagai proxy server, maksudnya muncul kode yang sama pada saat menggunakan winxp sebagai os + squid 2.7 sebagai proxy server, akhirnya saya tambah yakin kalau masalahnya dari sisi client(mungkin gara gara virus).

untuk lebih memastikan akhirnya saya partisi ulang harddisk disalah satu komputer yang berfungsi sebagai client setelah itu saya mulai install winxp dari harddisk yang telah saya partisi ulang, setelah berhasil menginstall winxp saya setting komputer tadi agar melalui proxy di warnet yang telah saya install squid 2.7 setelah selesai saya coba browsing menggunakan ie 6 dan berhasil dengan baik, setelah itu saya coba mencari sesuatu di internet menggunakan oom google dan hasilnya juga berhasil dengan baik, untuk lebih memastikan setiap saya menginstall aplikasi selalu saya check dengan searching menggunakan oom google, jangan jangan hal itu bukan gara gara virus melainkan ada salah satu applikasi yang kurang kompatible dengan squid.

ternyata dugaan saya benar bahwa ada salah satu applikasi yang bermasalah apabila digunakan secara bersamaan dengan squid + google yaitu k9 yang berfungsi untuk ngeblock situs yang kurang bagus untuk dibuka.

untuk mengatasi problematika tersebut akhirnya saya ganti applikasi k9 dengan menggunakan opendns, menggunakan opendns lebih mudah dibanding k9, apabila kita menggunakan k9 kita harus install aplikasi k9 namun apabila kita menggunakan opendns kita tidak perlu menginstall aplikasi asalkan dns yang kita gunakan adalah dns yang bertype static bukan dns yang dinamis. cara pengunaan opendns kita hanya perlu merubah dns yang kita pake dengan menggunakan dns pemberian dari opendns cukup mudah bukan.

oke sekarang cara install squid di windows xp.

  1. kita download dulu squid dari http://squid.acmeconsulting.it/download/squid-2.7.STABLE2-bin-DELAYP.zip <— squidnya udah komplit ama delay pool yang berfungsu sebagai bandwith menejemen.
  2. kita ekstrak file hasil downloatan tadi di drive c:\
  3. kita rubah beberapa nama file yang terletak di drive c:\squid\etc
  • squid.conf.default ==> squid.conf
  • mime.conf.default ==> mime.conf
  • cachemgr.conf.default ==> cachemgr.conf
  1. setelah itu masuk kediriktori squid dengan mengetikkan c:\cd \squid\sbin
  2. ketik squid -i <— untuk memasukkan squid sebagai service di windows
  3. ketik squid -z <— untuk bikin direktori yang berfungsi sebagai cache

jangan lupa untuk menyeting ulang squid.conf

ini settingan squid.conf di server saya

#file squid.conf
http_port 3128
icp_port 0

cache_mem 64 MB
maximum_object_size 16384 KB
minimum_object_size 4 KB
maximum_object_size_in_memory 2048 KB
fqdncache_size 1024
cache_replacement_policy heap GDSF
memory_replacement_policy heap GDSF

visible_hostname localhost
acl QUERY urlpath_regex cgi-bin \?
no_cache deny QUERY

cache_dir ufs c:/squid/var/cache 4500 16 256
redirect_rewrites_host_header off

refresh_pattern ^ftp: 1440 20% 10080
refresh_pattern ^gopher: 1440 0% 1440
refresh_pattern . 0 20% 4320
negative_ttl 1 minutes

acl localnet src 192.168.0.0/24
acl localnet src 192.168.1.0/24
acl localhost src 127.0.0.1/255.255.255.255
acl our_networks src 192.168.0.0/24
acl our_networks src 192.168.1.0/24
http_access allow localhost
http_access allow our_networks
acl Safe_ports port 80 443 210 119 70 21 1025-65535
acl CONNECT method CONNECT

#baris dibawah ini agar squid ngambil settingan dns dari opendns
dns_nameservers 208.67.222.222 208.67.220.220

cache_mgr gun41kurnia@gmail.com
cache_access_log c:/squid/var/logs/access.log
cache_store_log c:/squid/var/logs/store.log
cache_log c:/squid/var/logs/cache.log
log_icp_queries off
cachemgr_passwd rahasia
acl manager proto cache_object
http_access allow manager
acl all src 0.0.0.0/0.0.0.0
http_access allow localnet
http_access allow localhost
http_access deny all

#baris dibawah ini adalah settingan delay pool
acl limited src 192.168.0.0/24
acl limited src 192.168.1.0/24
acl download url_regex -i \.exe$ \.mp3$ \.mp4$ \.tar.gz$ \.gz$ \.tar.bz2$ \.rpm$ \.zip$ \.rar$
acl download url_regex -i \.avi$ \.mpg$ \.mpeg$ \.rm$ \.iso$ \.wav$ \.mov$ \.dat$ \.mpe$ \.mid$
acl download url_regex -i \.midi$ \.rmi$ \.wma$ \.wmv$ \.ogg$ \.ogm$ \.m1v$ \.mp2$ \.mpa$ \.wax$
acl download url_regex -i \.m3u$ \.asx$ \.wpl$ \.wmx$ \.dvr-ms$ \.snd$ \.au$ \.aif$ \.asf$ \.m2v$
acl download url_regex -i \.m2p$ \.ts$ \.tp$ \.trp$ \.div$ \.divx$ \.mod$ \.vob$ \.aob$ \.dts$
acl download url_regex -i \.ac3$ \.cda$ \.vro$ \.deb$ \.spl$ \.swf$

delay_pools 1
delay_class 1 1
delay_access 1 allow download limited
delay_parameters 1 7000/30000

#eof

setelah itu tinggal restart komputer lalu berbanyaklah berdoa agar server squid kita lancar :D.

kalau ada masalah silahkan hubungi saya dengan menulis komentar dibawah ini


No comments:

Post a Comment