Saturday, March 6, 2010

Install Windows 7 di Netbook , Axioo Pico, MSI, HP Mini

Akhir-akhir ini, netbook menjadi barang primadona dibandingkan notebook biasa. Netbook memiliki berbagai macam kelebihan, harganya juga sebanding dengan performa yang ditawarkan. Ukurannya yang kecil menyebabkan netbook gampang dibawa kemana-mana. Tetapi netbook memiliki beberapa kekurangan seperti tidak adanya drive optical suntuk membaca dvd ataupun cd. Hal itu disebabkan keterbatasan ukuran sebuah netbook, kebanyakan produsen memutuskan untuk tidak menyertakannya pada produk mereka untuk menjaga ukuran netbook tetap kecil.

Salah satu masalah yang sering muncul pada netbook adalah ketika ingin menginstal ulang sistem operasi. Tidak adanya drive dvd menyebabkan hal semudah ini menjadi sukar. Berikut ini adalah cara mudah untuk menginstall sistem operasi di netbook. Dalam kasus ini adalah menginstall Windows Se7en di netbook Byon Chameleon.

Yang dibutuhkan adalah ISO DVD Installer Windows 7, USB Flashdisk minimal 4 GB dan software Ultra ISO terbaru.

Langkah-langkah :
1. Copy iso dvd 7 ke hardisk, bila belum punya isonya silakan buat dengan power iso.
2. Colokan flashdisk anda ke komputer.
3. Pada power iso, open iso windows 7 yang telah anda simpan di hardisk
4. klik menu bootable dan pilih write disk image
5. Pada Disk Drive, pilih drive flashdisk anda
5. Kemudian klik Write, pada jendela konfirmasi klik yes
6. Tunggu dan flashdisk anda dapat digunakan sebagai installer windows.
7. Restart netbook anda dan booting dari flashdisk
8. Ikuti petunjuk instalasi sampai selesai

Note:
1. Cara ini juga berlaku untuk netbook lainnya seperti Axioo Pico, MSI Wind, Acer Aspire One, HP Mini, Dell IdeaPad, Toshiba dll.
2. Windows se7en Profesional ataupun Ultimate berjalan lancar untuk pemakaian sehari-hari pada netbook Byon dengan spesifikasi Intel Atom N270 1.6Ghz, RAM 1 GB, Hardisk 160GB.


No comments:

Post a Comment