Saturday, September 5, 2009

Pembahasan Tentang SO.GUI tingkat SMK

BAB І

SO.GUI

Gui >server

Text > linux

1)Server adalah sebuah computer berisi program baik SO maupun aplikasi yang menyediakan pelayanan kepada computer atau program lain yang berbeda

2)Workstation adalah computer yang di tujukan sebagai klien dimana computer ini sebagai computer pekerja atau pengelolah data yang diakses dari server

3)NIC adalah sebuah kartu jaringan yang dipasang pada slot expansi pada sebuah matherboard computer

4)HUB adalah pembagi sinyal bagi network interface card (NIC)hub mempunyai bermacam jenis portnya. .

5)Konektor media computer penghubung antara computer satu dengan computer lainnya.

6)Repiteer untuk memperkuat sinyal . simyal yang di terima dari segmen kabel LANberikutnya akan di pancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen LAN pertama, sehingga dengan adanya repiter ini dengan jarak antara dua jaringan dapat di perluas

7)Bridge digunakan untuk mengakan sebuah LAN d an meungkinkan paket data dari satu LAN ke LANyang sebuah bridge menyadiakan sambungan antara dua tipe LAN yang sama dengan bridge dapat memperluas jaringan LAN sehingga semua saling berhubungan satu sama lain menjadi bagian dari LAN yang lebih besar.

8)ROUTER sebuah router menjadwalkan data antara LAN yang berbeda dan berbagai jaringan seperti pengendalian jalur jaringan sebuah router harus dapat memadukan protocol LAN yang berbeda network dan Decnet misalnya dan computer pusat. Biasanya ini dilakukan dengan menggunakan protocol ke tiga pada LAN yang di hubungkan dengan protocol yang sudah ada hanya ada satu protocol yang dapat melakukannya yaitu transmisi control protocol/internet protocol (TCP/IP). TCP/IP didukung oleh hampir semua jenis computer dari PC sampai main frame, dan TCP/IP menyediakan emulasi dna fsilitas file transfer, jaringan router yang menggunakan TCP/IP di tunjukan pada gambar:

Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringn ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur di antara ke dua nya. Router juga dapat di gunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN (local area network ) sehinga traffic yang di bangkitkan oleh sebuah LAN terisolasi kan dengan baik dari traffic yang di bangkitkan oleh LAN lain.

Jika dua atau lebih LAN terhubung dengan router, setiap lan di anggap sebagai subnetwork yang berbeda. Mirip dengan bridge, router dapat menghubungkan network interface yang berbeda.

A.TOPOLOGI JARINGAN

jaringan computer pada dasarnya adalah jaringan cabel yang bisa menghubungkan satu dengan yang lain, berdasarkan fungsinya topologi di bagi dua:

· Topologi jaringan fisik

· Topologi jaringan logic

Topologi jaringan fisik adalah cara yang di gunakan untuk menghubungkan workstation- workstation di dalam LAN tersebut. Sebenaarnyaada banyak topologi jaringan yang sering di gunakan adalah 3 topologi:

· Topologi ring

· Topologi bus

· Topologi star

1)TOPOLOGI BUS

Merupakan topologi yang banyak di gunakan pada masa penggunaan kabel coaxial dengan menggunakan T conector dengan terminator 50ohm pada ujung kabel maka computer atau perangkat jaringan lainya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Topologi ini mempunyai karakteristik sbb:

1. Merupakan satu kabel yang ke dua ujungnya di tutup dimana sepanjang kabel terdapat node-node.

2. Paling sedehana dalam instalasi

3. Signal melewati kabel,2 arah. Sehingga memungkinkan terjadinya conections.

4. Problem terbesar jika salah satu segmen kabel terputus maka seluruh jaringan akan terhenti.

5. Topologi bus adalah jalur transmisi dimana signal di terima dan di kirim pada setiap alat yang tersambung pada garis lurus. Signal akan di tangkap oleh alat yang di tuju. Sedangkan alat lainnya yang bukan tujuan akan mengabaikan signal tersebut.

a)CARA MENENTUKAN IP ADDRESS:

· Klick start

· Klick control panel

· Pilih network conections, kemudian pilih local area network, maka akan muncul jendela local area conections status

· Klick tombol properties, lalu pilih internet protocol (TCP/IP) properties

· Klick advanced, maka akan muncul jendela advanced TCP/IP setting

· Untuk menambahkan IP address yang baru. untuk pembuatan website Klick tombol Add maka akan muncul jendela TCP/IP Address msukan IP Address dan subnet mask, kemudian klick tombol Add lalu Ok

b)MEMBUAT FOLDER DATA:

· Klik start

· Klik all program

· Klik accessories,kemudian plilh windows explorer

· Klik drive tempat anda membuat folder,misalnya c:

· Klik menu file,kemudian pilih new dan klik folder

c)SHARINGAdalah cara yang digunakan untuk memnuat/memperkenalkan local disk.

Langkah-langkah:

1. Buka windows explorer dan cari lokasi yang akan disharing

2. Klik kanan pada local yang akan disharing

3. Pilih sharing & security,berilah centang pada share this folder on the network

d)PROGRAM BANTU PENGUJIAN KONEKSI JARINGAN

1.Ping(packet internet groper)

Adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi transmission control protocol/internet protocol(TCP/IP),dengan menggunakan utilitas ini dapat diuji apakah sebuah computer terhubung dengan computer lainnya.hal ini dilakukan dengan cara mengirim sebuah packet kepada alamat IP yang hendak di uji konektivitasnya dan menunggu respons darinya.

2.Path ping

Merupakan tools pada windows yang digunakan untuk mengukur network latency dan network loss(dalam persentase)pada host tertentu diantara alamat asal dan alamat tujuan opsi yanbg digunakan path ping-n IP server/domain.

3.Ip config

Merupakan tools atau perintah untuk menampilkan setting jaringan yang digunakan oleh sebuah computer,diantaranya:

4.Netstat(network status)

Digunakan untuk berbgai keperluan,diantaranya menampilkan services yang berjalan pada windows,menampilkan table routing,menampilkan port protocol komunikasi yang sedang terjadi opsi yang dipraktekkan:netstat-rn,netstat-on.

5.Traceroute(tracert)

Yaitu tools untuk menampilkan jalur atau routing perjalanan packet komunikasi antara computer kita dengan computer(server)lain.tools ini akan menampilkan jumlah hop(router)yang dilalui ketika menuju server target opsi yang digunakan tracert IP server/domain,tracert-d server/domain.

6.NS Look up

Digunakan untuk mendiagnosa layanan DNS server,melakukan query untuk memetakan suatu domain menjadi ip address atau sebaliknya tools ini juga dapat digunakan untuk mengetahui MS(mail server)atau NS(name server)yang bertanggung jawab terhadap suatu domain opsi yang diprakraktekkan .ns look up(enter)lalu set query=ns

7.FIRM WARE UPGRADE

Kegunaan bagian ini adalah untuk upgrade firm ware.firmware terletak pada flash memory,untuk meng-upgradenya.klik browse lalu cari file yang berisi file firmware lalu klik upload.upgrade firmware hanya jika diperlukan meng-upgrade versi firmware terbaru.pada saat meng-upgrade jangan mematikan power dari perangkat AP dan PC yang digunakan file update dapat didownload secara gratis pada site resmi SENAO yaitu pada link:

http://www.senao.com.tw/english/product_load_w.asp?httptp=5&proid=000107

8.configuration tools

fasilitas ini dipilih jika diinginkan mengembalikan konfigurasi AP pada konfigurasi awal atau default.

9.Status

Link untuk tampilan halaman pertama,untuk melihat status konfigurasi terpasang seluruhnya.

10.Operation

Bila diinginkan mengubah fungsi AP menjadi bridge maka dapat dilakukan dengan meng-klik bridge lalu apply,dan ini berlaku sebaliknya perlu diingat,bahwa dengan memindahkan fungsi operasi maka alat akan kembali pada setting default,misalkan menjadi bridge maka default IPnya 192.168.1.1 dengan password kosong.perbedaannya jika dioperasikan sebagai AP maka lampu wlan(lampu ketiga)pada alat akan menyala.berbeda jika dikerjakan sebagai bridge lampu akan menyala jika telah terjadi koneksi dengan AP default yang dituju.

11.Reset

Digunakan untuk mereset AP setelah terjadi perubahan konfigurasi yang dibuat agar perubahan tersebut dapat direalitaskan.

e)INSTALASI WIRELESS LAN SENAO

Untuk konfigurasi infrastruktur

1.konfigurasi system

Computer A yang bertindak sebagai bridge dengan data jaringan berikut:

-Network card(Ethernet)dengan data IP sebagai berikut:

IP Address :192.168.20.1

Netmask :255.255.255.0

-wirelees A dengan data jaringan sebagai berikut:

IP Address :192.168.20.2

Netmask :255.255.255.0

Gateway :192.168.20.1

Mode :point to point

SSID :umum

Channel :10

Connect mode :802.11b only

Computer B yang bertindak sebagai AP dengan data jaringan sebagai berikut:

v Network card(Ethernet)dengan data IP sebagai berikut:

-IP Address:192.168.20.4

-Netmask :255.255.255.0

-gateway :192.168.20.1

v Wirelees B dengan data jaringan sebagai berikut:

-IP Address :192.168.20.3

-Netmask :255.255.255.0

-gateway :192.168.20.1

-mode :point to point

-SSDI :umum

-channel :10

-connect mode :802.11b only

2.instalasi system

Setelah melakukan instalasi dasar dan di design jaringan sudah disesuaikan dengan rencana lakukan perubahan/penyesuaian IP computer dan wirelees LAN agar sesuai dengan rencana.tahapannya sama dengan pada saat pengaturan pada kondisi AD-hoc.wirelees B di set sebagai Access Point(AP)

Selanjutnya untuk terminal A dijadikan client AP,maka atur computer & wirelees LAN sesuai rencana.jika sesuai maka akan Nampak pada konfigurasi AP.dengan cara memanggil site 192.168.20.3 sebagai berikut.

Dan selanjutnya jika berhasil,maka akan nampak pada konfigurasi client,AP(bridge),dengan cara memanggil site 192.168.20.2 sebagai berikut.

Perbedaan mungkin terjadi pada communications streght.karena tergantung kondisi dan kemampuan alat.jika telah berhasil sampai disins artinya implementasi bentuk konfigurasi infrastruktur sudah berhasil.untuk client AP lainnya cukup di set seperti terminal A,tapi IP harus dibedakan dan harus satu network.

f)INSTALASI ANTENA LUAR DAN PERLENGKAPAN TAMBAHAN

Untuk meningkatkan jangkauan dari perangkat wirelees LAN dapat digunakan tambahan piranti keras berupa antenna luar.antena dalam(internal)dalam kondisi prakteknya hanya dapat menembus jankauan sekitar 200 meter,atau maksimal 1 Km tergantung kondisi bersihnya lokasi dari noise-noise,dalam praktek lapangan,antenna tipe directional jenis perubahan banyak digemari.hal ini dikarenakan gainnya dapat mencapai 24 dBi,walaupun dalam pencapaian line of sight.

CARA PEMASANGAN

1. Secara umum antena dipasang dengan polaritasi horizontal.

2. Arahkan antena sesuai arah yang ditunjukkan kompas dan GPS,arah ini kita anggap titik tengah arah(center beam)

3. Geser antena dengan arah yang tetap kekanan maupun kekiri center beam,satu persatu pada setiap tahap dengan perhitungan tidak melebihi ½ spesifikasi beam width antenna untuk setiap sisi(kiri atau kanan),misalkan antenna 24 dBi biasanya memiliki beam width 12 derajat maka,maksimum pergeseran kearah kiri maupun kanan center beam adalah 6 derajat.

4. Beri tanda pada setiap perubahan arah dan tentukan skornya,penentuan arah terbaik dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata yang terbaik,parameter utama yang harus diperhatikan adalah signal straight noise dan stabilitas

5. Karena kebanyakan tools perangkat wirelees tidak memilii utility grafis untuk merepresentasikan signal straight,noise tersebut(kecuali statistic dan PER)maka agar lebih praktis untuk pointing gunakan perangkat radio standar 802.11b yang memiliki utility grafis seperti air bridges dari smart bridges atau lainnya.untuk SENAO tidak memiliki fasilitas grafis untuk presentasi signal straight.

6. Selanjutnya jika diperlukan lakukan penyesuaian elevasi antenna dengan kilometer sesuai sudut antenna pada station lawan.hitung berdasarkan perhitungan kelengkungan bumi dan bandingkan dengan kontur pada peta topografi.

7. Ketika arah dan elevasi terbaik yang diperkirakan telah mencapai maka apabila diperlukan dapat dilakukan pembalikan polarisasi antenna dari horizontal ke vertical.untuk mempersempit beam width dan meningkatkan focus transmisi,syaratnya kedua titik polarisasi antenna harus sama(grid parabolic)dan dikedua titik polarisasi antenna harus sama(artinya disisi lawan antena juga harus dibalik menjadi vertical).

8. Tetapi jika kesulitan dalam pemasangan khususnya bagi mereka yang takut akan ketinggian,pihak penjual umum telah menyediakan jasa tambahan untuk pemasangan antenna luar,tapi memang tidak murah.

SELESAI

No comments:

Post a Comment